Rabu, 14 November 2018

Contoh SOP



CONTOH  TENTANG SOP PENDAFTARAN ANGGOTA PERPUSTAKAAN  STMIK BANI SALEH   
 

1. SOP Hierarchical Steps (Tahapan Berurutan)
Tipe format ini adalah pengempangan dari simple steps. Digunakan ketika prosedur yang disusun memiliki 10 langkah atu lebih dan memerlukan informasi yang lebih detail. Namun hanya membutuhkan pengambilan keputusan sedikit. Langkah- langkah yang sudah diidentifikasi kemudian dijabarkan kedalam sub langkah secara rinci.












2.    SOP Simple steps ( Langkah Sederhana) 
Sop dengan format ini adalah bentuk sop paling sederhana dan digunakan ketika  sebuah prosedur hanya memiliki kegiatan dan pengambilan keputusan yang
sedikit.

Format sop jenis simple steps digunakan juga ketika hanya terdapat beberapa orang yang akan melaksanakan prosedur tersebut. dengan prosedur rutin yang sederhana. prosedur yang umumnya terdiri dari kurang dari 10 langkah.
 




 



                                                                                                                                          
3. SOP Genetik


Berkebalikan dengan Standar Operasional Prosedur spesifik, SOP generik bersifat lebih luas dan umum, misalnya SOP pengaturan keuangan di sub bagian A dengan sub bagian B atau prosedur pemberian nebulizer di instalasi rawat inap bedah dan instalasi rawat inap medik.



 







               4.SOP Graphic (grafik)

Format ini dapat digunakan ketika prosedur mempunyai susunan kegiatan panjang dan spesifik. Proses- proses panjang kemudian dijabarkan ke sub- sub proses yang lebih pendek yang berisi beberapa langkah,
Format grafik juga digunakan ketika menyusun prosedur yang memerlukan foto atau gambar dan umumnya digunakan untuk pemohon / pelaksana eksternal organisasi.





 5. Flowchart (Diagram Alir)

Format flowchart digunakan ketika SOP memerlukan pengambilan keputusan yang kompleks atau banyak. dan membutuhkan opsi alternatif jawaban seperti ya/tidak, lengkap/tidak, benar/salah dst. yang mempengaruhi sub langkah selanjutnya dari proses.
Penggunaan format diagram alir ini melibatkan beberapa simbol khusus (flow chart) untuk menggambarkan proses. seperti simbol kotak (process), anak panah (arrow), belah ketupan (decision) dan sebagainya.
Format SOP bentuk flowchart terdiri dari dua jenis, yakni Linear Flowchart (Diagram alir linear) dan Diagram alir bercabang (branching flowchart). Linear flowchart dapat berbentuk horizontal dan vertikal dan biasa digunakan pada SOP yang bersifat teknis. Sedangkan SOP jenis branching flowchart biasa digunakan dalam pembuatan SOP administratif.
5.     



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar